JEBAKAN KEBIASAAN

Ekonom Italia, Vilfredo Pareto, mengemukakan bahwa untuk banyak kejadian “80% akibat” disebabkan “20% sebab”, dan sebaliknya.

Teori 80-20 ini begitu kentara di banyak tempat. Di kantor – kantor, 80% omzet dihasilkan oleh 20% tenaga penjual. Atau di komposisi omzet, 80% omzet di hasilkan oleh 20% produk.

Bila 80% hasil dihasilkan oleh 20% tindakan, lalu bukankah artinya 20% hasil adalah produk dari 80% Sumber Daya yang kita keluarkan..? 80% tenaga/biaya/waktu/usaha yang dikeluarkan hanya menghasilkan output 20%. Sebegitu gawat nya komposisi ini bila tidak disadari terjadi.

Pemborosan sumber daya terjadi sebagian besar oleh kebiasaan kebiasaan buruk yang terus dilakukan tanpa sadar. Bukan karena sengaja, tapi lebih kepada tidak pernah mencermati dan mengukur aktivitas mana saja yang menghasilkan output 80% dan mana yang 20%.

Bayangkan bagaimana hebat nya organisasi bila semua aktivitas kini diarahkan untuk memberikan atensi lebih kepada 20% kegiatan yang menghasilkan output 80%. Berapa pendouble-an omzet yang akan terjadi..?

Salesman

Leave a Reply

Your email address will not be published.